Pages

Minggu, 08 Januari 2012

Tugas 1
KK2 : Menerapkan fungsi periferal dan instalasi PC
Materi : Mengenal periferal
Lengkapi Tabel berikut ini !

 
No
Nama Periferal
Gambar
Konektor/Kabel
Fungsi
1
Printer Dot Matrik
Paralel Port
fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
2
Printer Inkjet
USB Port/Paralel port
Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas.
3
Printer Laserjet
Paralel port
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
4
Scanner

USB Port
Fungsi Scanner adalah membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D dan menghimpunnya untuk anda dengan berbentuk gambar. Begitu juga dengan Fungsi Scanner Komputer. Berbeda dengan Printer, Scanner hanya bisa mengambil informasi gambar dan menampilkan pada Komputer dan bisa diambil dalam bentuk file data.
5
Modem internal/eksternal

USB Port

Fungsi modem internal/eksternal  yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.
6
Modem ADSL
USB Port/RJ 45

perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Address untuk fungsi managemen seperti alamat IP 192.168.1.1. ...
7
Modem USB GSM/CDMA

USB Port

a. Mengubah Sinyal Analog menjadi digital

b. modem mempunyai kemampuan menjadi fax modem
c. modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapantelepon sampai streaming video
d. Malah saat ini sudah banyak modem yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi sebagai mesin penjawab telepon dan perekam suara


8
Modem PCMCI




Wireless

a. bekerja pada frekwensi 3G UMTS / GSM GPRS dengan kecepatan sampai 384 kbps

b. bisa menggunakan untuk semua provider GSM/3G di Indonesia
c. Mengubah Sinyal Analog menjadi digital
d. modem mempunyai kemampuan menjadi fax modem
e. modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapantelepon sampai streaming video
f. Malah saat ini sudah banyak modem yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi sebagai mesin penjawab telepon dan perekam suara
9
CD/DVD external

USB Port
Com Port

kalau untuk hardware DVD fungsinya untuk memutar CD atau DVD ,
Sedangkan CD/DVD merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan data/ file. Kalu datanya ingin kamu simpan secara permanen, pakai keping CD atau DVD yang berjenis CDR atau DVDR.
10
Webcam

Kabel Data/USB port dan Com Port

sebagai pengambil suara/audio yang dikendalikan oleh sebuah komputer atau oleh jaringan komputer. Gambar yang diambil oleh WebCam ditampilkan ke layar monitor, karena dikendalikan oleh komputer maka ada interface atau port yang digunakan untuk menghubungkan WebCam dengan komputer atau jaringan. sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau,merakam,capture foto,dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar